Selasa, 08 Mei 2012



Terjadi percakapan telpon antara dua orang pimpinan dari sebuah perusahaan Kimia.
” Saya tidak perduli berapa banyak pekerjaan anda ” Bill vice presiden bidang pemasaran dan penjualan berkata, ” American Stell adalah salah satu pelanggan utama kita. Saya mengatakan kepada mereka bahwa dalam waktu dekat kita akan memberikan solvent atas produk mereka ”. ” Saya mengerti posisi anda Bill ” berkata Gary vice presiden bidang penelitian dan pengembangan, ” tetapi saat ini kami pun memiliki selusin proyek penting yang kami harus selesaikan secepatnya, jadi tolong anda sampaikan pada American Stell bahwa kita akan memberikan solvent mereka bulan depan ”. ” Kalau begitu keadaannya maka kita akan kehilangan mereka” kata Bill kepada Gary. ” Kami mohon maaf, kami tidak bisa berbuat apa apa, jika hal ini mengecewakan anda telponlah Henry[presiden perusahaan] dan katakan padanya bahwa kelompok litbang membutuhkan staff yang lebih banyak”.
Berdasarkan uraian diatas :
1.Apakah telah terjadi konflik ? Bila telah terjadi konflik, jenis konflik fungsional atau disfungsional yang terjadi ?
2.Apa saran anda agar konflik yang terjadi menguntungkan organisasi ?
JAWAB  ;
1. Ya, telah terjadi konflik pada percakapan yang dibicarakan mereka.disini jenis konfliknya adalah disfungsional karena konflik tersebut hanya memuaskan individu saja , tetapi tetapi menurunkan kinerja kelompok.
fungsional adalah dampak konflik tersebut terhadap kinerja kelompok, bukan pada kinerja individu. Jika konflik tersebut dapat meningkatkan kinerja kelompok, walaupun kurang memuaskan bagi individu, maka konflik tersebut dikatakan fungsional. Demikian sebaliknya, jika konflik tersebut hanya memuaskan individu saja, tetapi menurunkan kinerja kelompok maka konflik tersebut disfungsional .
dis

2. Jika suatu perusaan bekerja sama dengan perusahaan lain dan mempunyai suatu proyek yang besar lebih baik selesaikan dulu proyek yang ada jangan sampai menambah proyek yang baru lagi sedangkan proyek yang lama saja belum selesai. Ini bisa merugikan individu dan perusahaan karena tidak bisa menepati janji selesainya proyek tersebut dan dari pihak perusahaan lain pun bisa sampai menuntut perusahaan yg membuat proyek .bisa-bisa semua proyek dibatalkan semua itu yang dapat merugikan perusahaan.  ini menurut pendapat saya.

0 komentar:

Posting Komentar